Indikator Kualitas Pelayanan Angkutan
Umum
Pola jaringan trayek
menurut Giannopoulus,
GA (1989) antara lain:
a. Pola Radial
Pada pola radial, seluruh atau hampir seluruh jalur utama membentuk jari-jari dari pusat ke daerah pinggiran kota. Pelayanan trayek memotong pusat kota, memutar pusat kota atau berhenti di pusat kota. Pola ini diilustrasikan sebagai berikut :
b. Pola
Orthogonal/grid
Pola
Orthogonal/grid ditandai dengan lintasan-lintasan yang membentuk grid (kisi-kisi) sebagian menuju ke pusat kota dan sebagian lainnya tidak menuju
pusat kota. Tujuan utama pola ini memberikan pelayanan yang sama untuk semua
bagian kota. Pola ini diilustrasikan sebagai berikut :
c.
Pola
Radial Bersilang
Pola
radial bersilang bertujuan untuk mempertahankan karakteristik pola grid dan
tetap mendapatkan keuntungan pola radial dengan saling menyilangkan lintasan
dan menyediakan titik-titik tambahan dimana lintasan saling bertemu seperti di
pusat-pusat perbelanjaan atau di tempat pendidikan. Pola ini diilustrasikan
sebagai berikut :
d.
Pola
Jalur Utama dengan Feeder
“
Feeder “ adalah jalan-jalan yang
menuju jalur utama. Jalan arteri melayani koridor utama yang berbentuk linier
atau memanjang karena kondisi topografi dan pola jaringan jalan, atau
perkembangan kota berbentuk linier dan lain-lain. Untuk itu dipilih pelayanan
jenis feeder berupa lintasan menuju jalan utama dari pada membuat lintasan
angkutan kota sepanjang jalan untuk mencapai tujuan. Sedangkan keuntungannya
dapat meningkatkan pelayanan jalur utama. Pola ini diilustrasikan sebagai
berikut :
e.
Pola
Time Transfer Network
Untuk
Pola Time Transfer Network perlu perencanaan sangat cermat, karena membutuhkan
koordinasi antara perencanaan rute dan penjadwalan. Keuntungan pola ini adalah
penumpang tidak perlu ke pusat kota untuk berpindah atau menunggu lama, karena
seluruh lintasan melayani titik-titik perpindahan penumpang dengan frekuensi,
jadwal kedatangan dan keberangkatan yang sama, sehingga angkutan kota
dijadwalkan saling bertemu atau bersimpangan selama waktu tertentu untuk penumpang
berpindah kendaraan. Pola ini dapat diilustrasikan sebagai berikut :
0 comments:
Post a Comment