Alinyemen Vertikal
adalah  perpotongan  bidang vertikal  dengan bidang permukaan perkerasan jalan
melalui sumbu jalan untuk jalan 2 lajur 2 arah atau melalui tepi  dalam masing-masing perkerasan untuk jalan
dengan median. Seringkali disebut  juga
sebagai penampang memanjang jalan.  Alinyement  vertikal disebut juga penampang  memanjang 
jalan yang terdiri dari garis-garis lurus dan garis-garis lengkung.
Garis lurus tersebut bisa datar, mendaki atau menurun, biasa disebut berlandai.
Landai dinyatakan dengan persen.
Pada umumnya gambar
rencana suatu jalan dibaca dari kiri ke kanan, maka landai jalan diberi tanda
positip untuk pendakian dari kiri ke kanan, 
dan landai negatip untuk penurunan dari kiri. 
Dalam alinyement vertikal 
hal-hal yang dibahas mengenai audit jalan adalah :
a)           
Kelandaian
1).       
Landai Minimum
Berdasarkan
kepentingan arus lalu lintas, landai ideal adalah  landai datar (0%). Sebaiknya ditinjau dari
kepentingan  drainase jalan, jalan
berlandai > 0%. 
2).         
Landai Maksimum
Untuk landai maksimum nilai
3% mulai memberikan pengaruh kepada gerak kendaraan mobil penumpang, walaupun
tidak seberapa dibandingkan dengan gerakan 
kendaraan truk  yang terbeban
penuh. Untuk membatasi  pengaruh perlambatan  kendaraan truk  terhadap arus lalu lintas, maka ditetapkan
landai maksimum  untuk kecepatan rencana
tertentu, seperti pada tabel  berikut ini:
| 
Kecepatan Rencana | 
Landai Maksimum | 
| 
(km/jam) | 
(%) | 
| 
100 | 
3 | 
| 
80 | 
4 | 
| 
60 | 
5 | 
| 
50 | 
6 | 
| 
40 | 
7 | 
| 
30 | 
8 | 
| 
20 | 
9 | 
                               Sumber: Ditjen. Bina Marga, 1992
3).         
Panjang  Landai Kritis 
Selain landai maksimum
terdapat panjang kritis untuk kelandaian sebagai faktor yang dapat mempengaruhi  dalam perencanaan alinyemen vertikal. Ditjen Bina Marga memberikan panjang kritis yang
merupakan kira-kira panjang 1(satu) menit perjalanan.    Hal ini dapat dilihat pada tabel berikut:
| 
Kecepatan Rencana | 
Kelandaian | 
Panjang Kritis dari
  Kelandaian | 
| 
(km/jam) | 
(%) | 
(m) | 
|  | 
4 | 
700 | 
| 
100 | 
5 | 
500 | 
|  | 
6 | 
400 | 
|  | 
5 | 
600 | 
| 
80 | 
6 | 
500 | 
|  | 
7 | 
400 | 
|  | 
6 | 
500 | 
| 
60 | 
7 | 
400 | 
|  | 
8 | 
300 | 
|  | 
7 | 
500 | 
| 
50 | 
8 | 
400 | 
|  | 
9 | 
300 | 
|  | 
8 | 
400 | 
| 
40 | 
9 | 
300 | 
|  | 
10 | 
200 | 
                  Sumber: Ditjen. Bina Marga,
1992 
4).  Lengkung
Vertikal 
Pergantian dari
satu kelandaian ke kelandaian yang lain dilakukan dengan mempergunakan lengkung
vertikal. Lengkung vertikal di rencanakan sedemikian rupa sehingga  memenuhi keamanan, kenyamanan dan drainase.
Persamaan umum lengkung vertikal adalah sebagai berikut:
Keterangan :
L  : Panjang lengkung vertikal sama
dengan panjang    proyeksi  lengkung 
pada bidang horizontal
A     :  Besarnya 
titik peralihan dari bagian tangen ke bagian    lengkung  vertikal (g1-g2)
| 
 | 
            Sumber : Ditjen. Bina Marga,1992            
Keterangan :
Ev        : 
Pergeseran pada bagian titik perpotongan kedua  bagian   tangen atau pusat perpotongan vertikal (PPV)
Persamaan diatas berlaku baik untuk lengkung vertikal
cembung maupun vertikal cekung. Hanya bedanya jika Ev yang diperoleh positif,
berarti lengkung vertikal cembung, jika negatif berarti lengkung vertikal
cekung.
 Setelah itu hasil perhitungan disesuaikan dalam Standar
Perencanaan Geometrik Jalan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga
seperti pada tabel berikut:
| 
Kecepatan Rencana | 
Standar panjang | 
| 
(km/jam) | 
minimum lengkung | 
|  | 
vertikal (m) | 
| 
100 | 
85 | 
| 
80 | 
70 | 
| 
60 | 
50 | 
| 
50 | 
40 | 
| 
40 | 
35 | 
| 
30 | 
25 | 
| 
20 | 
20 | 
                  Sumber : Ditjen. Bina Marga1992

 
0 comments:
Post a Comment