Konfigurasi Lapangan Terbang

Konfigurasi lapangan terbang adalah jumlah dan arah orientasi dari landasan serta penempatan bangunan terminal termasuk lapangan parkirnya yang relatif terhadap landasan pacu.
Jumlah landasan bergantung pada volume lalu-lintas dan orientasi landasan, tergantung  pada arah angin dominan yang bertiup, tetapi kadang juga bergantung pada luas tanah yang  tersedia bagi pengembangan. Karena orientasi utama dalam bandar udara adalah landasan pacu  (runway), maka penempatan landasan hubung (Taxiway)  pun  harus  benar-benar  tepat  sehingga  lokasinya  memberi  kemudahan dalam melayani penupang. Orientasi yang paling penting dalam perencanaan bandar udara adalah: Landasan pacu (Runway), landasan hubung (Taxiway) dan tempat parkir.
Pesawat melakukan dua pergerakan utama yaitu mendarat dan tinggal landas. Jika terdapat suatu  bandar udara dengan single runway dan single exit taxiway, dan diasumsikan bahwa hanya satu pesawat yang diperbolehkan menggunakan runway pada suatu waktu tertentu, maka kapasitas bandar udara akan ditentukan oleh waktu penggunaan runway  oleh suatu pesawat.



0 comments:

Post a Comment