Pengertian Permintaan Transportasi


Permintaan didefinisikan sebagai kuantitas total dari pelayanan atau jasa angkutan tertentu yang rela dan mampu dibeli oleh konsumen pada harga tertentu pada pasar tertentu pada periode tertentu dan pada kondisi-kondisi tertentu pula (Modul 005, Ekonomi Transport, STTD).
Karakteristik permintaan angkutan terdiri atas dua kelompok, terdiri atas:
a.  Kelompok choice
Kelompok choice terdiri dari orang-orang yang mempunyai pilihan (choice) dalam memenuhi kebutuhan mobilitasnya. Pada kelompok ini orang dapat menggunakan kendaraan pribadi (dengan alasan finansial, legal dan fisik).
b.  Kelompok captive
Kelompok captive adalah kelompok yang tergantung (captive) terhadap angkutan umum untuk memenuhi kebutuhan mobilitasnya atau dengan kata lain tidak dapat menggunakan kendaraan pribadi.
Bagi kelompok choice mereka mempunyai pilihan dalam pemenuhan kebutuhan mobilitasnya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum. Di negara-negara berkembang jumlah kelompok captive sangat banyak (signifikan) karena kondisi perekonomian dari masyarakatnya yang relatif belum mapan (tingkat pemilikan kendaraan masih rendah. Dengan demikian jumlah pengguna angkutan umum, yang terdiri dari seluruh kelompok captive dan sebagian kelompok choice, akan sangat banyak. Sedangkan pengguna kendaraan pribadi , yang terdiri dari sebagian besar kelompok choice jumlahnya relatif sedikit (Perencanaan Sistem Angkutan Umum, ITB).

1 comments:

Cahaya dari timur said...

mantab

Post a Comment