Pengertian Probabilitas, Generalized Cost.


Probabilitas sering diterjemahkan sebagai peluang atau kebolehjadian, yaitu peristiwa yang didefinisikan sebagai kemungkinan terjadinya suatu peristiwa. Dalam definisi umumnya probabilitas adalah peluang, yakni terjadinya peristiwa ni yang dihasilkan dari suatu semesta kosmos atau ruang contoh S dalam percobaan tertentu yang dinyatakan sebagai P(E). Secara matematis pernyataan ini dapat ditulis sebagai :


P(E) = (n(E))/(n (S))

Dimana :
P(E) = peluang terjadinya peristiwa
n(E) = kejadian E
n(S) = seluruh kejadian S
Sumber : Yusuf Wibisono, Metode Statistik,2005

Generalized cost dapat dinyatakan dalam bentuk uang, waktu tempuh, jarak, atau kombinasi ketiganya, yang biasa juga disebut dengan biaya gabungan. Generalized cost merupakan biaya total perjalanan, dimana dalam komponen perhitungannya dibutuhkan suatu faktor konversi yang disebut nilai waktu. Nilai waktu (value of time) adalah besaran/banyaknya rupiah yang dihabiskan selama periode waktu perjalanan tertentu, dalam hal ini dinyatakan dalam satuan rupiah per menit. Ada 2 (dua) macam pendekatan yang digunakan untuk menghitung nilai waktu (studi IHCM, 1995) yaitu :
1) Berdasarkan Pendapatan perkapita
2) Berdasarkan tingkat kesejahteraan (Welfare Maximization)
Perbedaan diantara keduanya adalah metode tingkat kesejahteraan mengikutsertakan nilai waktu santai kedalam analisisnya sedangkan metode pendapatan perkapita tidak mengikutsertakannya




2 comments:

kiki putry said...

informasi yang bagus dan membantu buat saya,
semoga bermanfaat untuk orang lain juga.
trimakasih admin,
trus berkarya , agar indonesia rajin membaca

berok789 said...

Prediksi Togel Hongkong   

Post a Comment