Very High Frequency Omni Range (VOR)

 Very High Frekwensi Omny Range, merupakan alat bantu navigasi yang beroperasi dengan frekwensi sangat tinggi (VHF).  Seperti halnya NDB, peralatan ini dapat digunakan untuk homing, en-route, holding dan juga sebagai locator, namun ia mempunyai keunggulan dan keandalan melebihi NDB. Beroperasi pada gelombang VHF antara 108 MHz sampai 117.95 MHz, isyarat yang dipancarkan VOR tidak terganggu oleh keadaan cuaca maupun oleh muatan listrik yang terdapat di udara. Data dan informasi mengenai posisi pesawat terbang atau bearing yang dipancarkan oleh stasiun VOR di darat dan yang diterima oleh penerima VOR di pesawat tidak tergantung dari arah terbang atau heading pesawat. Pada saat lepas landas, penerbang dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh stasiun VOR untuk terbang menuju ke stasiun VOR berikutnya, Dengan membangun stasiun-stasiun VOR ditempat-tempat yang strategis di darat, maka dapat dikatakan bahwa penerbang tidak akan tersesat dalam melakukan penerbangannya. Peralatan penerima isyarat VOR di pesawat mempunyai tiga macam kegunaan, yaitu:
  1.  Indikator bagi penerbang untuk menentukan azimuth, yaitu sudut yang dibentuk menurut arah jarum jam, antara arah utara-selatan yang melalui stasiun VOR yang dipantau oleh penerbang, dan garis yang menghubungkan stasiun VOR dengan pesawat.
  2. Menunjukkan deviasi penerbangan, yaitu penerbang akan mengetahui apakah pesawatnya terbang di kirir, di kanan atau tepat pada jalur penerbangan yang benar. 
  3. Menunjukkan kepada penerbang, apakah ia terbang menuju atau meninggalkan stasiun VOR yang dipantaunya.   



0 comments:

Post a Comment